Navigasi

Rabu, 31 Juli 2013

Kabel Fiber Optic


Apa itu kabel serat optik ? Mungkin banyak yang bertanya apa sih gunanya kabel ini. Oleh karena itu saya akan
mengupas satu-persatu apa itu kabel fiber optic dari bahannya sampai kegunaan kabel ini.

Kabel Fiber Optic atau biasa disebut serat optik adalah suat kabel transmisi yang terbuat dari plastik atau kaca yang sangat halus bahkan lebih halus dari sehelai rambut Kabel ini digunakan untuk mentransmisikan cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya dalam melakukan telekomunikasi. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser atau LED. Serat Optik ini memungkinkan pengiriman data dalam bandwith yang sangat besar. Kabel ini berdiameter 120 mikrometer. Serat optic yang dapat melakukan banyak propagasi jalan atau melintang mode disebut serat multi mode (MMF),sedangkan serat optic yang hanya dapat melakukan satu modus disebut serat mode tunggal (SMF). Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.

Bagian-Bagian Serat Optik



1. Cladding
    Cladding adalah bagian materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulakn sinar kembali ke dalam inti/core

2. Core
   Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari serat optik yang dimana berfungsi sebagai pengiriman sinar dilakukan.

3. Buffer Coating
    Buffer Coating adalah plastik pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan

Kelebihan Fiber Optik

Jika dibandingkan dengan kabel jenis bahan lainnya, fiber optic memiliki kelebihan, antara lain sebagai berikut :
1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
6. Tidak berkarat

Cara Kerja Fiber Optic :
Berlainan dengan telekomunikasi yang mempergunakan gelombang elektromagnet maka pada serat optik gelombang cahayalah yang bertugas membawa sinyal informasi. Pertama-tama microphone merubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Kemudian sinyal listrik ini dibawa oleh gelombang pembawa cahaya melalui serat optik dari pengirim (transmitter) menuju alat penerima (receiver) yang terletak pada ujung lainnya dari serat. Modulasi gelombang cahaya ini dapat dilakukan dengan merubah sinyal listrik termodulasi menjadi gelombang cahaya pada transmitter dan kemudian merubahnya kembali menjadi sinyal listrik pada receiver. Pada receiver sinyal listrik dapat dirubah kembali menjadi gelombang suara.
Tugas untuk merubah sinyal listrik ke gelombang cahaya atau kebalikannya dapat dilakukan oleh komponen elektronik yang dikenal dengan nama komponen optoelectronic pada setiap ujung serat optik. Dalam perjalanannya dari transmitter menuju ke receiver akan terjadi redaman cahaya di sepanjang kabel serat optik dan konektor-konektornya (sambungan). Karena itu bila jarak ini terlalu jauh akan diperlukan sebuah atau beberapa repeater yang bertugas untuk memperkuat gelombang cahaya yang telah mengalami redaman.


Pengerjaan/Penyambungan Kabel Fiber Optic


Untuk penyambungan kabel fiber dibutuhkan alat khusus yang bernama FUSION SPLICER, alat ini digunakan untuk menyambung dua ujung fiber optic dengan menggunakan panas alat ini butuh ketelitian yang sangat tinggi. Alat ini dilengkapi dengan alat oengukur karena setiap ingin menyambungkan  dua sisi FO harus diukur terlebih dahulu dan ukurannya harus sama antara ujung A dan ujung B dan kedua ujung FO harus benar-benar bersih (biasanya menggunakan alkohol 95% dan tisu untuk membersihkan ujung FO yang sudah dikupas) karena apabila ada kotoran sedikit saja maka FUSION SPLICER tidak akan bisa digunakan alias menolak untuk melakukan penyambungan.


Apa Kelebihan Menggunakan Kabel Fiber Optic ?


Berikut kelebihan jaringan fiber optic :
1. Berkemampuan tinggi, kecepatannya bisa mencapai 1GB/s
2. Kabel Fiber Optic tidak terpengaruh oleh cuaca.
3. Kabel fiber optik lebih aman digunakan dalam sistem komunikasi, karena lebih susah disadap atau dimonitoring.
5. Kabel Fiber Optik tidak bersifat menghantarkan listrik, sehingga aman dari loosing tegangan listrik. 
Di era modern ini banyak negara maju yang telah mengadopsi jaringan kabel fiber optic. Sampai pentingnya jaringan fiber optic ini dikarenakan kecepatannya yang sangat tinggi. Oleh karena itu saat ini di Indonesia telah mengembangkan jaringan fiber optic di berbagai kota, dan pada tahun 2015 PT. Telkom Indonesia akan membangun jaringan fiber optic bawah laut Maluku-Papua.
4. Kabel Fiber Optic mendukung data rate yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar