Navigasi

Minggu, 05 Mei 2013

Cara Membuat Kabel LAN/Jaringan Dengan Tipe Straight atau Cross

Untuk memahami fungsi kabel UTP maka lebih baik kita membahas dahulu tentang apa itu pengertian kabel UTP atau kepanjangannya Unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.

Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Dalam pemakaian sehari-hari, kabel UTP sudah sangat baik digunakan sebagai kabel jaringan komputer misalnya dalam kegunaan ruang kantor atau dalam sistem jaringan suatu perusahaan. Mengenai beberapa kelemahan dan kekurangan kabel UTP yang tidak tahan terhadap medan elektromagnetik dan kerusakan benturan benda keras, masih bisa diatasi dengan memasang pelindung luar misalnya seperti pipa plastik.

Berikut cara membuat kabel LAN :

Pertama siapkan dulu perangkat-perangkat yang diperlukan :

  • Kabel UTP tidak melewati panjang 100 meter 
  • Jack RJ-45
  • Crimping Tool / Tang Klem
  • Apabila semua peralatan diatas yang kita butuhkan telah tersedia maka kita sudah bisa memulai untuk  MEMBUAT KABEL LAN.
    kabel lan atau kabel jaringan ini mempunyai 2tipe yaitu :

    1. KABEL LAN STRAIGHT
    Kabel LAN Straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight biasa digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device yang berbeda.
    Cara membuat nya :
  • Kupas kulit luar kabel UTP sekitar 2cm hingga terlihat kabel di dalam seperti pada gambar kabel UTP di atas.
  • Pisahkan kabel-kabel di dalam dan luruskan. Susun dan rapikan berdasarkan warna Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, dan Coklat. Lalu potong ujung nya sehingga rata satu sama lain.
  • Masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam pin Jack RJ-45 sesuai urutan berikut : 
  • 2. KABEL LAN CROSS
    Kabel LAN Cross merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang miliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung yang satu nya lagi.

    Kabel cross biasa digunakan untuk menghubungkan 2 jenis device yang sama secara langsung. seperti menghubungan komputer pertama dengan komputer 2 secara langsung tanpa menggunakan perantara lain.

    Cara membuatnya :
  • Lakukan sama persis dengan cara kabel LAN straight untuk ujung yang pertama.
  • Untuk ujung yang satunya lagi ubah susunan kabel di dalam RJ-45 menjadi : Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat
  • Setelah selesai di klem dengan tang klem, maka kabel telah siap digunakan
  • Demikianlah cara-cara dan penjelasan tentang pembuatan kabel lan untuk artikel ini.
    semoga dapat berguna untuk pembaca sekalian
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar